Jumat, 09 Oktober 2009

LEADERSHIP

Leadership

Kepemimpinan adalah suatu tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang atau lebih dalam memimpin suatu organisasi.Kepimpinan akan berlangsung efektif dan efisien,bilamana berada di tangan orang yang terampil/terlatih dan ahli dalam memimpin.Kemampuan itu dapat diperoleh melalui proses belajar dan melatih diri secara intensif.

Seorang pemimpin juga harus dapat membina hubungan baik dengan para bawahannya agar bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Dengan berkomunikasi secara terus-menerus dan mendengarkan keluhan dari mereka tentang kinerja kita sendiri,kita dapat membina ikatan yang kuat dengan mereka dan menjadi pemimpin yang lebih baik.Selain itu,pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang dapat mendorong bawahannya meningkatkan kinerja dalam kehidupan sehari-hari,yaitu dengan cara melatih mereka untuk disiplin,bertanggung jawab dan bekerja keras.

Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang dapat mengambil keputusan secara cepat,tepat dan akurat.Keputusan dari seseorang pemimpin sangat penting karena keputusan tersebut mempengaruhi keberlangsungan dan keberhasilan suatu organisasi.Sebab seorang pemimpin adalah nahkoda suatu perusahaan yang berkewajiban mengarahkan organisasi ke arah dan tujuan yang telah ditetapkan.Untuk mencapai hal tersebut seorang pemimpin harus menetapkan visi dan misi organisasi yang bersangkutan agar semua kegiatan dapat terarah dan terencana dengan baik.Oleh sebab itu seorang pemimpin juga harus mengontrol kinerja bawahan secara berkala dan terus menerus agar dapat diperbaiki jika terdapat kesalahan yang tidak sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan..

Wincent Octavianus(MKT-11-1C)

Referensi:Buku”kepemimpinan yang efektif” karangan Hadari Nawawi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar